OSEANA adalah jurnal elektronik nasional yang menerbitkan artikel ilmiah yang bersumber dari penelitian maupun artikel tinjauan pustaka dalam bidang oseanografi di Indonesia. Tujuan dari penerbitan OSEANA adalah memberikan informasi kepada masyarakat yang berminat terhadap bidang oseanologi yang meliputi kegiatan, perkembangan, serta hasil-hasil yang telah dicapai oleh Pemerintah Indonesia khususnya di bidang kelautan.

OSEANA diterbitkan dalam bentuk cetak sejak tahun 1974 (SIT No. 048/Khs/Dit. PP/II.1a Tahun 1974) dengan nama Pewarta Oseana, kemudian berubah nama menjadi OSEANA pada tahun 1977. Format awal OSEANA adalah majalah ilmiah semi popular dan pada perkembangannya bermetamorfosis menjadi jurnal ilmiah sekaligus dikelola dengan sistem OPEN Journal System (OJS) pada tahun 2019. Penerbitan jurnal ini dikelola oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan diterbitkan dua kali setahun di bulan April dan Oktober.

Penerbitan jurnal ini dikelola oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan diterbitkan dua kali setahun di bulan April dan Oktober. Redaksi menerima sumbangan karya yang behubungan dengan ilmu kelautan (oseanografi biologi, oseanografi fisika, oseanografi kimia, oseanografi geologi, dan bidang-bidang terkait lainnya) yang bersifat ilmiah. Redaksi juga menerima tulisan dari ahli/penulis dari luar Pusat Penelitian Oseanografi LIPI.